Cara Memasang dan Embed Video Youtube ke Postingan Blog dengan Mudah

Embed Video Youtube ke Blog

Ketika sedang menulis artikel di blog, misalnya artikel yang sedang membahas seorang musisi, pastinya kita ingin menyisipkan sebuah video klip dari musisi tersebut agar menarik para pembaca saat membaca tulisan kita.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menyisipkan video klip tersebut adalah dengan menggunakan fitu penyematan atau embed yang telah disediakan oleh pihak youtube.

Cara Menyematkan dan Menyisipkan Video Youtube ke Postingan Blog

1. Buka youtube versi dekstop

Untuk bisa menyalin/copy code embed video youtube, kita harus mengakses youtube versi dekstop yang bisa kamu buka melalui browser yang ada di laptop atau pc-mu di alamat: https://www.youtube.com

Kalau kita tidak memiliki laptop atau pc, tenang saja, kita masih bisa membukanya lewat browser handphone-mu dengan mengaktivkan mode dekstop.

2. Cari video yang ingin disematkan atau disisipkan

Cari video yang ingin kita sematkan di kolom pencarian youtube. Sebagai contoh, kita akan menggunakan lagu Pelanggaran dari Guyonwaton seperti di bawah ini:

Embed Video Youtube ke Blog

3. Klik menu bagikan

Setelah kita menemukan video yang ingin disematkan, klik video tersebut lalu klik menu bagikan seperti di bawah ini:

Embed Video Youtube ke Blog

4. Klik opsi embed atau sematkan

Sesudah meng-klik menu bagikan tadi, kita akan diperlihatkan dengan berbagai opsi membagi ke berbagai platform yang disediakan oleh youtube.

Di sini kita akan menggunakan opsi embed atau sematkan yang biasa berada di pojok paling kiri seperti di bawah ini:

Embed Video Youtube ke Blog

5. Salin code embed yang ada

Langkah selanjutnya menyalin code embed yang muncul, kamu bisa memilih dari detik atau menit keberapa video tadi akan dimulai saat diputar memlalui blog kita. Jika sudah, selanjutnya pilih salin!

Embed Video Youtube ke Blog

6. Tempelkan atau paste di postingan blog

Pada bagian menu penulisan artikel, ubah tampilan penulisan ke tampilan html, lalu paste code yang telah di copy tadi di bagian manapun sesuai kebutuhanmu.

Embed Video Youtube ke Blog

Contoh Video Jika Berhasil Disematkan

Jika berhasil disematkan, video akan muncul seperti dibawah ini.


Nah, itulah cara memasang dan embed video youtube ke dalam postingan blog. Semoga tips ini dapat membantumu dalam penulisan blog. Have a great day!!

Posting Komentar

Arsip
Bagian dari