Jalan-Jalan Ke Jogja Enggak Sampai Setengah Juta

Short Escape ke Jogja Gak Sampai Setengah Juta

Katanya kalau tiba-tiba pengen ke Jogja, berarti sedihnya gak main-main.

Setelah kemarin kita healing di Semarang, kenapa gak sekalian aja kita lanjutin healingnya ke Jogja?

Jogja, dengan segala keramahannya emang selalu bisa menjadi obat yang mujarab bagi kalian yang lagi ngerasa burn-out. Karena enggak ada yang lebih menyegarkan daripada menghabiskan waktu berlibur sejenak dari rutinitas harian yang menguras energi.

Di Jogja, kamu bisa menikmati momen spontan dan santai tanpa harus merasa khawatir. Mau menjelajahi candi-candi kuno yang mengesankan, atau sekadar menikmati jalan-jalan di jantung kota yang penuh warna, Jogja punya segalanya!

Ke Jogja Naik Kereta

Ada banyak cara menuju Jogja, salah satunya dengan kereta api. Karena kita akan melanjutkan healing kita dari Semarang, kita akan menggunakan kereta api lokal KA Banyubiru dengan relasi Semarang Tawang hingga Solo balapan.

Enggak usah khawatir soal harga tiket, tarif KA Banyubiru relatif murah, yakni cuma Rp40rb buat kelas ekonomi dan Rp70rb buat kelas eksekutif. Berangkat dari Semarang pukul 07:50 setiap harinya dan akan tiba di Solo Balapan sekitar pukul 09:55.

Selanjutnya kita akan melanjutkan perjalanan dengan kereta commuter line dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Tugu Jogja.

Kalau yang Dari Jakarta Bagaimana?

Gampang, kok! Banyak pilihan kereta dari Jakarta yang menuju Jogja, tapi kalau kamu punya budget tipis, kamu bisa menggunakan KA Bengawan dengan tiket cuma Rp74rb. KA Bengawan berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 06:00 dan akan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 14:25 setiap harinya.

Enggak kebagian tiketnya karena rebutan? Tenang, masih ada KA Gajahwong yang menawarkan tiket dengan harga mulai dari Rp195rb buat kelas ekonomi sampai Rp385rb buat kelas eksekutifnya.

Berangakat dari Stasiun Pasar Senen pukul 07:35 setiap harinya dan tiba pukul 15:33 di stasiun yang sama dengan KA Bengawan, yaitu Stasiun Lempuyangan.

Jalan-Jalan di Jogja

Banyak tempat-tempat unik di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Malioboro yang legendaris, night market di alun-alun kidul yang sayang banget kamu lewatin, Keraton Jogja yang bersejarah, sampai surga oleh-oleh khas Jogja di pasar Beringharjo.

1. Malioboro

Short Escape ke Jogja Gak Sampai Setengah Juta
unsplash.com
Pilihan tujuan liburan favorit para pengunjung Jogja adalah Malioboro. Selain posisinya yang strategis dan gampang dicapai, Malioboro juga punya banyak hal menarik yang bikin pengunjung betah lama-lama di sana, termasuk buat mereka yang suka jalan sendiri.

Kamu bisa santai-santai jalan-jalan di sore hari, duduk enak di bangku-bangku yang ada di pinggir jalan, sambil merasakan keriuhan suasana Malioboro.

Ada juga kesempatan buat berbelanja baju, batik, dan barang khas Jogja, serta mencicipi makanan khas Jogja yang dijajakan di sana.

2. Alun-Alun Kidul

Short Escape ke Jogja Gak Sampai Setengah Juta
jogjaprov
Jalan-jalan di Yogyakarta kurang lengkap rasanya kalau enggak mengunjungi  Alun-Alun Kidul (Alun-Alun Selatan). Di samping bisa nyicipin jajanan enak, salah satu hal yang diminati oleh para pengunjung adalah ritual masangin.

Masangin adalah kegiatan berjalan melintasi sepasang pohon beringin yang berada di tengah Alun-Alun dengan mata ditutup.

Legenda mengatakan bahwa hanya orang dengan niat baik dan hati yang suci yang bisa melewati tantangan ini. Apakah kamu tertarik mencoba  masangin?

3. Keraton Jogja

Short Escape ke Jogja Gak Sampai Setengah Juta
unsplash.com
Istana yang ditinggali oleh keturunan raja-raja Yogyakarta punya cerita sejarah yang panjang. Salah satu tempat bersejarah yang terkenal banget di kalangan para wisatawan yang suka jalan-jalan sejarah adalah ngikutin jejak di Keraton Yogyakarta.

Gak heran sih, banyak benda-benda bersejarah yang dirawat dengan baik di sana. Makanya, Keraton Yogyakarta juga masuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO.

Jadi, sayang banget deh kalo pas lagi jalan-jalan sendiri ke Yogyakarta, kamu melewatkan destinasi bersejarah yang keren ini.

4. Pasar Beringharjo

Short Escape ke Jogja Gak Sampai Setengah Juta
jogjaprov
Buat kamu yang doyan belanja, Pasar Beringharjo ibarat surga . Pasar ini berada di kawasan Malioboro dan sering dianggap sebagai tempat impian buat para pecinta batik.

Gimana enggak, pasar grosir batik ini jual beragam barang, dari pakaian kayak kain batik sampai oleh-oleh dengan harga yang ramah di kantong.

Jadi, kalo kamu pengen belanja banyak tanpa kantong jebol, nggak perlu cari tempat lain deh, langsung aja ke Pasar Beringharjo.

1 komentar

Arsip
Bagian dari